Bahan kimia beracun ada di mana-mana, bahkan di rumah Anda. Meskipun kedengarannya mengerikan, kita dapat mencoba mengurangi polusi bahkan kimia beracun dalam rumah. So, kali ini Royal Sedayu Residence akan membagikan lima tips untuk membuat rumah Anda terhindar dari racun dan bahan kimia berbahaya.

1. Beri ventilasi

Untuk menghindari polusi luar ruangan yang masuk ke rumah kita, masuk akal untuk menutup jendela kita. Tetapi untuk mencegah polusi yang terjadi di dalam rumah, Anda harus membuka jendela setiap kali Anda memasak atau mandi. Ada banyak produk pembersih yang bebas pewangi dan menggunakan produk padat atau cair sebagai pengganti semprotan. Selain itu, lilin atau dupa tidak boleh dinyalakan di ruangan kecil.

2. Kurangi plastik

Banyak produk plastik termasuk bahan kimia sintetik Bisphenol A (BPA), yang dapat diserap melalui kontak kulit dan mengganggu sistem endokrin. Menurut Tamara Galloway, seorang profesor ekotoksikologi di University of Exeter, 95 persen orang dewasa memiliki jejak BPA dalam tubuh mereka melalui paparan terus menerus. Untungnya, ada beberapa alternatif untuk membatasi paparan. Anda bisa memilih produk plastik dengan label bebas BPA, atau Anda dapat membeli botol kaca dan bukan botol plastik dan menghindari makanan olahan dan kemasan.

3. Buat produk pembersih Anda sendiri

Ada berbagi cara membuat produk pembersih sendiri. Salah satunya dengan menggunakan bahan seperti sabun, soda kue dan cuka. Pertama, ambil botol berisi air panas dan sisakan beberapa inci di bagian atas. Dengan menambahkan ¼ cangkir cuka putih, 2 sendok makan cairan pembersih ramah lingkungan, dan 1 sendok makan boraks opsional, Anda akan memiliki semprotan pembersih sendiri.

4. Kurangi debu

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2016 di Amerika Serikat mengidentifikasi 45 bahan kimia beracun dalam debu ada dalam ruangan. Phthalate, flame retardants dan phenol telah ditemukan. Karena debu dalam ruangan mengandung bahan kimia dari berbagai produk, itu seperti tempat parkir untuk bahan kimia di rumah kita. Lembab dan jamur dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh  dan meningkatkan risiko masalah pernapasan. Agar debu rumah Anda minimum, gunakan kain lembab untuk membersihkan debu dan menyedot debu setidaknya dua kali seminggu (pastikan vakum Anda memiliki filter udara partikulat efisiensi tinggi sehingga debu dan kotoran masuk ke kantong, yang seharusnya dibersihkan secara rutin).

5. Periksa pilihan cat Anda

Saat mengecat dapur atau kamar tidur, pertimbangkan tingkat cat yang mudah menguap (VOC), karena polusi dapat terjadi lama setelah cat kering. Kami memperingatkan bahwa tidak semua warna “ramah lingkungan” atau “alami” harus “hijau”.

Nah, kelima tips di atas juga bisa kamu pertimbangkan sebelum membangun sebuah rumah. Sebab, jangan sampai rumah yang akan kita tempati seumur hidup malah beracun 🙁

Royal Sedayu Residence; Rumah Siap Bangun di Sedayu, Wates, Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *